Jumat, 06 April 2012

Cara Menulis Cerita Lucu

     Sebelum saya memberikan tips tentang bagaimana menulis cerita lucu, saya akan menjelaskan apa itu menulis, cerita dan lucu. Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) menulis berarti membuat huruf atau angka dengan pena. Kemudian defenisi cerita adalah tuturan yg membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dsb). Sedangkan defenisi lucu  menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) lucu itu menggelikan hati, menimbulkan tertawa, jenaka. Jadi, Menulis cerita lucu merupakan kegiatan untuk menciptakan suatu catatan yang menceritakan sesuatu yang menggelikan. 
    Ok teman-teman, saya akan berbagi tips tentang cara menulis cerita lucu. Pertama-tama yang paling penting dalam menulis cerita lucu adalah memunculkan ide, ide itu bisa muncul kapan saja. Jadi, tidak usah bersusah payah untuk memikirkan ide itu sampai begadang sampai 7 hari 7 malam (lebay), pokoknya ide itu bisa anda dapatkan kapan pun dan di mana pun, dan saran saya ide yang sudah anda dapatkan harus betul-betul ngawur dan gokil abis. Kemudian setelah ide muncul maka segeralah catat ide itu jangan menunda waktu agar ide yang ada dalam pikiran anda tidak hilang karena ide yang muncul seketika biasanya mudah hilang. Saran saya, sebagai penulis sediakan catatan kecil yang bisa di bawa kemana-mana supaya ide yang muncul seketika bisa anda tulis.
     Nah, setelah ide-ide itu terangkum dalam catatan maka mulailah membuat karya dan yakinkan dalam diri anda bahwa tulisan anda akan bakal seru abis. Saran saya agar tulisan itu lebih seru, pilihlah tempat yang nyaman untuk menulis agar anda bisa menulis dengan nyaman pula.
     Hal yang paling bikin kesal dalam menulis itu ketika kita blank (eja-bleng) (arti-kosong) yah, kalau kita lagi kosong (maksudnya pikiran yang kosong). Saya pribadi paling benci ketika saat saya lagi asyknya menulis, ehh.. otak saya langsung kosong (maksudnya saya tidak bisa memunculkan ide), mungkin karena kebanyakan makan mie kali yah (biasa mahasiswa). Saran saya kalau anda lagi blank, ada baiknya anda membuat cerita yang tidak nyambung, hal ini bisa membuat cerita anda lebih ngawur. Misalnya anda bercerita tentang cerita teman anda yang lagi ujian cerita yang tidak nyambunya itu misalnya pada saat ujian ada teman anda yang menyontek dalam ujian, ada yang serius dan ada yang ujian sambil bawa-bawa ayam. Nah, dengan adanya cerita yang tidak nyambung akan sedikit menambah kelucuan dalam cerita anda. Saran saya, keluarkan semua yang ada dalam fikiran anda. (tapi jangan kayak teman saya, setelah dia membaca artikel ini dia mengeluarkan isi otaknya).
     Setelah anda selesai menulis, jangan lupa meninjau kembali tulisan anda. Maksunya si disini baca ulang cerita anda dengan seksama. Karena dengan peninjauan kembali, akan memunculkan beberapa ide yang konyol lagi.
     Yah.. itu beberapa tips membuat cerita lucu. Pesan saya MENULISLAH SEBELUM MENULIS ITU DILARANG !!! selamat mencoba


Contoh cerita lucu hina
Amir Bukan Manusia Biasa
Penggila BOYBAND
Fahrul Beruang Hibernasi
Share:

5 komentar:

hmm mengatakan...

GARING ADMIN !!!
tapi copaska di blogku nah hahahahahha :p

Unknown mengatakan...

apa-apaan ini !!

hmm mengatakan...

apa kau komen di blogku azmul? na hapus tong lagi :p haha

Asmar Tahirman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Asmar Tahirman mengatakan...

boleh boleh dicoba. feedback hehehe Hidup Mesti Merasa Hidup

psychofren lirik

Teks PsychoFren (lagu angkatan)

Saat mengenalmu kau selalu di hati
memberiku inspirasi menjalani hariku
suasana berbeda selalu ku damba
PsychoFren angkatanku
tiada duanya...

#
Kepakan semangat mu
PsychoFren
Raih semua mimpi
PsychoFren
menyiapkan asamu
satukan hati kita untuk....
PsychoFren

Perjalanan in tak mudah bersama kita bisa
melalui semua berbagai macam masalah
gengamlah tanganku sadarkan ku tak sendiri
PsychFren angkatanku
tiada duanya....
back to #