Rabu, 11 April 2012

Logo UNM yang Asli

Logo UNM
Logo UNM yang asli
A. Arti logo
     Lingkaran yang berwarna terang sebagai simbol pusat penerang diibaratkan UNM menjadi pusat kajian ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenaian. Pada lingkaran kecil terdapat tiga bentuk segitiga bermakna ganda yakni lontara dan perahu pinisi sebagai ciri khas daerah Sulawesi-Selatan.
     Bentuk segitiga berjumlah tiga bermakna Tridharma perguruan Tinggi, condong ke kanan menunjukkan ke arah hal-hal yang baik.
     Bagian luar lingkaran kecil terbagi atas dua bagian yaitu :
  1. Bagian atas menyimbolkan angin dan api Bentuk lidah api yang menyerupai mahkota terdiri atas tujuh buah yang menyimbolkan pegangan hidup masyarakat Sulawesi-Selatan, sebagai pertanda kematangan kemandirian seseorang yang mengibaratkan mahasiswa UNM tidak diluluskan sebelum ia memiliki bekal yang dapat dipergunakan dalam berwirausaha ataupun kegiatan lain di masyarakat. Bentuk lidah api mengandung makna bahwa para alumni UNM diharapkan menjadi pelopor dalam pembangunan dan kegiatan lain dalam masyarakat.
  2. Bagian bawah menyimbolkan tanah dan air. Pada bagian bawah terdapat empat bidang yang menggambarkan dasar falsafah hidup masyarakat Sulawesi-Selatan dengan istilah Sulapa Eppa (empat persegi).
     Empat persegi mempunyai arti bahwa manusia berasal dariempat unsur yaitu tanah, air, api dan angin, dan dimaknakan pula empat kesadaran yakni : sadar akan diri sendiri, sadar akan keberadaan orang lain (sesama), sadar akan alam semestabeserta isinya dan sadar akan adanya Tuhan Pencipta segalanya.
     Garis horison berombak di dalam menandakan bahwa awal berdirnya, UNM memiliki enam fakultas dan tetap jaya dalam tantangan. Warna keseluruhan terdiri atas gelap dan terang sebagai simbol siang dan malam, yang memaknakan bahwa manusia tidak dapat lepas dari kedua suasana, yakni : terang mengandung suci/agung , gelap mengandung makna kedamaian/ketekunan. Garis-garis terang membagi bidang-bidang gelap menandakan bentuk dinamis yang menyimbolkan UNM selalu dinamis dalam mengikuti perkembangan zaman.

Ingat : jangan sekali-kali menggunakan logo selain logo yang di atas.. karena dengan menggunakan logo yang sangat beda dengan bentuk aslinya akan memperburuk citra dari logo UNM itu sendiri ..

Sumber :Buku Panduan Universitas Negeri Makassar 2011/2012


Share:

0 komentar:

psychofren lirik

Teks PsychoFren (lagu angkatan)

Saat mengenalmu kau selalu di hati
memberiku inspirasi menjalani hariku
suasana berbeda selalu ku damba
PsychoFren angkatanku
tiada duanya...

#
Kepakan semangat mu
PsychoFren
Raih semua mimpi
PsychoFren
menyiapkan asamu
satukan hati kita untuk....
PsychoFren

Perjalanan in tak mudah bersama kita bisa
melalui semua berbagai macam masalah
gengamlah tanganku sadarkan ku tak sendiri
PsychFren angkatanku
tiada duanya....
back to #