Selasa, 26 Januari 2016

ikon read bbm
Selamat datang di era smartphone, era di mana segala sesuatu dimudahkan olehnya. Era di mana yang jauh mendekat dan yang ada di dekat malah menjauh. Lihat saja fenomena duduk bersama di sebuah restoran dan semua sibuk dengan dengan layar hp masing-masing

 Q: Apa masalah ketika smartphone memudahkan segala pekerjaan?
Q: Apa masalah ketika duduk dan menatap layar hp masing-masing?

Silahkan jawab menurut keyakinan masing-masing. Setidaknya ada sesuatu hal yang manusia miliki dan smartphone tidak memilikinya.

Senin, 19 Oktober 2015

sumber foto.. google.com
Baiklah.. akan kami berikan tips untuk mengerjakan tugas yang efektif dan baik benar dan terukur dan sesuai adat orang Indonesia.

Adapun tips untuk mengerjakan tugas versi mahasiswa psikologi adalah sebagai berikut:

1. Silahkan memikirkan tugas mana yang paling penting dengan menggunakan skala prioritas (ke nomer 3) . Terimakasih sudah membaca artikel kami :) (baca ini ketika sudah membaca nomer 14)

2. Setelah menenangkan diri, silahkan mempersiapkan alat-alat apa saja yang dibutuhkan ketika menghadapi pengerjaan tugas. Seperti wifi, laptop dan cemilan. (ke nomer 6)

3. Setelah itu tidur dulu atau makan dulu atau jalan-jalan dulu, dengan tujuan otak bisa tenang bersama dengan angan yang membuamu menghilang dari lelahnya kehidupan. -_- (ke nomer 2)

4. Oke.. bagi kalian yang suka kerja tugas ramai-ramai silahkan panggil seorang yang bisa di sedot ilmunya. Paling tidak seseorang yang paling pintar di kelasmu. Ajak saja untuk kerja bareng kalau perlu jemput dia dari orang tuanya, lamar kalau perlu -_-. Pokoknya berikan pelayanan yang sebaik mungkin agar dapat berbagi ilmu, sehingga pengerjaan tugas menjadi 50%, cerita 50% (ke nomer 7)

5. Setelah kamu sudah memahami apa maunya tugas itu, silahkan kerjakan tugas selanjutnya yang telah diberikan oleh dosen caranya itu dengan membuat skala prioritas (ke nomer 9)

6. Jika kamu senang kerja tugas sendirian stop di nomer ini. Karena selanjutnya adalah memanggil teman-teman untuk sama kerja tugas. Agar ramai dan bisa enjoy mengerjakan tugas, yaaah kira-kira 90% cerita 10%kerja tugas (ke nomer 4)

7. Setelah semua selesai, silahkan cek kembali tugas yang kamu telah kerjakan. Maksudnya pahami kembali agar nantinya ketika ditanya sama dosen dengan tiba-tiba dirimu mampu menjawab pertanyaannya. (ke nomer 5)

8. Jika kamu senang kerja tugas sendirian stop di nomer ini. Karena selanjutnya adalah memanggil teman-teman untuk sama kerja tugas. Agar ramai dan bisa enjoy mengerjakan tugas, yaaah kira-kira 90% cerita 10%kerja tugas (ke nomer 11)

9. Setelah itu tidur dulu atau makan dulu atau jalan-jalan dulu, dengan tujuan otak bisa tenang bersama dengan angan yang membuamu menghilang dari lelahnya kehidupan. -_- (ke nomer 12)

11. Oke.. bagi kalian yang suka kerja tugas ramai-ramai silahkan panggil seorang yang bisa di sedot ilmunya. Paling tidak seseorang yang paling pintar di kelasmu. Ajak saja untuk kerja bareng kalau perlu jemput dia dari orang tuanya, lamar kalau perlu -_-. Pokoknya berikan pelayanan yang sebaik mungkin agar dapat berbagi ilmu, sehingga pengerjaan tugas menjadi 50%, cerita 50% (ke nomer 14)

12. Setelah menenangkan diri, silahkan mempersiapkan alat-alat apa saja yang dibutuhkan ketika menghadapi pengerjaan tugas. Seperti wifi, laptop dan cemilan. (ke nomer 8)

13. Setelah kamu sudah memahami apa maunya tugas itu, silahkan kerjakan tugas selanjutnya yang telah diberikan oleh dosen caranya itu dengan membuat skala prioritas (ke nomer 1)

14. Setelah semua selesai, silahkan cek kembali tugas yang kamu telah kerjakan. Maksudnya pahami kembali agar nantinya ketika ditanya sama dosen dengan tiba-tiba dirimu mampu menjawab pertanyaannya (ke nomer 13)

*afi

Kamis, 27 Agustus 2015



Kamis, 23 Juli 2015

Angka sembilan sungguh angka yang telah mendekati sempurna, mengapa tidak angka ini tinggal selangkah lagi menuju sepuluh, angka yang cukup banyak dan misterius? bayangkan untuk mencapai angka ini butuh perjuangan keras dan sedikit main (main ps dan main coc, sempat main getrich), bayangkan untuk mencapai angka ini butuh perjuangan keras serta materi yang pantastis untuk melewati satu demi satu angka, sedangkan rentan waktu tiap angka terhitung satu semester atau enam bulan dalam perhitungan kalender masehi.

Enam bulan dikali sembilan sama dengan lima puluh empat, yah sekitar lima puluh empat bulan sudah kita berada di fakultas Psikologi UNM, cukup banyak kan? atau sekitar seribu enam ratus empat puluh dua hari (1.642) kita meluangkan waktu sebagai mahasiswa, wah...... banyaknya waktu yang tlah kite habisken (coba ulang dengan logat melayu). Ketimbang dengan angka 9 dalam hitungan semester atau 4 1/2 dalam hitungan tahun, ternyata 1.642 lebih banyak ketika dikonfersi dalam bentuk hari, belum lagi jika dikonfersi dalam jam menjadi 39.408 jam waktu kita butuhkan untuk mencapai 9 semester.

Cukup, ayo kawan-kawan cukuplah 9 menjadi semangat buat kita untuk menyudahi sejuta pengalaman indah kita di kampus tercinta, ada banyak pengalaman baru yang menunggu di luar sana, ada pekerjaan siap menjamumu ada pula S2 luar dan dalam negeri yang siap menyambutmu serta banyak lagi jalan cerita yang lebih seru.. Jadi tunggu apa lagi PsychoFren???? Luluslah luluslah luluslah, tapi jika tak mampu maka semangatlah berjuang mengejar mereka yang telah lulus.(afi)

#Salam11Jari :)

Jumat, 10 Juli 2015

Saat terapi ikan di Pangkep
Setelah ABMB part terakhir keluar, fans amir menjadi berkurang dari satu menjadi 1/2 orang saja. Hal ini membuat Amir frustasi dan tidak menghadiri 3 praktikum mata kuliah. #SaveAmir 

Baiklah pada edisi Ramadhan ini kita akan bercerita tentang keseharian seorang mega bintang Muhammad Amirul Haq di bulan suci Ramadhan. Berawal dari kesehariannya berpuasa kemudian taraweh hingga ngabuburit. Tidak seperti kaum manusia pada biasanya Emir berpuasa dengan sekuat tenaga dan penuh pertimbangan soalnya yang ada dibenak Amir adalah ketika hal yang membatalkan sholat juga membatalkan puasa, sehingga pada saat sahur amir betul-betul memuaskan diri untuk makan minum serta buang air kecil dan besar. Pantas saja ketika ramadhan tiba Amir tidak pernah ingin disentuh oleh wanita, selain Amir memang tak berwanita (gebetan) memang seharian penuh Amir khusyu' berpuasa di dalam kamarnya. Hingga kabar tersebut mengguncangakan Kementerian Agama RI beserta Kerajaan Saudi.

Hal ini membuat para alim ulama psychofren melaksanakan sidang isbat yang dilaksanakan di kontrakan 2011. Sidang ini dihadiri oleh Dimas dan Aidil yang tidak berujung disebabkan sidang ini sering diskorsing karena main ps. Sidang ini akhirnya selesai setelah menghabiskan waktu seminggu dan ditetapkan bahwa Emir keliru dalam menjalankan ibadah puasa, sehingga Aidil segera berkunjung ke rumah Amir dan menyampaikan hasil dari sidang isbat teresbut.
terjadilah percakapan yang singkat (lokasi: depan rumah Amir)
Aidil: Assalamu Alaykum (sambil mengetuk pintu)
Amir: Waalaykum Salam (sambil mehetuk pintu di samping Aidil)
Aidil: Ehh abang, dari tadi di situ?
Amir: Kita ji kapang yang boncengka dari kontrakan?
Aidil: Baiklah saya pulang
Amir: Ok terimakasih
Aidil: (sambil cium tangan Amir) Selamat jalan Abii :)
Amir: Iyah anakku semoga tetap berada di jalanNya
Aidil: Aamiin
Semua tetangga juga ikut mengaminkan

Ternyata Amir dari kemarin ikut dalam sidang isbat dan sudah mengetahui keputusan sidang tersebut setelah mendengarkankan sendiri.

Rabu, 22 April 2015

Apa yang kita cari di hari bumi? apakah hanya sekedar perayaan belaka? ada 365 hari dalam setahun kenapa hanya sehari kita gunakan untuk memperingati hari bumi dan 364 hari kita mengabaikannya. Memang hari bumi yang sehari ini patut diapresiasi karena umat manusia sudah peka dan peduli terhadap bumi yang tiap hari bahkan tiap detik kita bersama dengannya. Tapi, apakah perayaan sehari hanya pada hari itu saja kita peduli sama lingkungan?

Kenapa kegiatan-kegiatan peduli lingkungan sebagian besar dilakukan pada hari ini saja (22 april) kenapa bukan tiap hari kita biasakan untuk memperbaiki lingkungan? memangnya bumi ada pada tanggal 22 saja? Sebenarnya esensi dari hari bumi apa? Apakah dengan mengucapkan selamat hari bumi di media sosial akan menyelamatkan bumi dari kerusakan? Silahkan jawab sendiri dan dari sekarang biasakan bersahabat dengan bumi, jadikan hari bumi sebagai hari untuk mengintropeksi sejauh mana peran kita sebagai penghuni bumi dalam menjaganya. Jadikan hari-harimu adalah hari bumi dan 22 april hanya sekedar perayaan semata. Salam Lestari (afi)

Allah berfirman dalam AL-Quran
“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan. Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmat-Nya (hujan), sehingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerh yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu. Kemudian Kami tumbuhkan dengan hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya subur dengan izin Tuhan; dan tanah yang buruk, tanaman-tanamannya yang tumbuh merana. Demikianlah kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda (kebesaran Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.” (Q.S. Al-A’raf (7) : 56-58)



Selasa, 21 April 2015

Siapa yang tidak kenal kartini yang bernama lengkap Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. (wikipedia)

Nah, itu kartini masa lalu.. Kartini masa kini mana? justru yang terkenal dikalangan wanita itu cabe-cabean yang jauh dari sifat kartini yang sesungguhnya. Mana kartini masa kini yang memperjuangkan hak-hak perempuan yang tertindas? haruskah kita menunggu saras untuk menentramkan jiwa perempuan Indonesia dari penindasan.

Kalau begitu mari memulai dari hal-hal kecil saja. Mari memperjuangkan diri masing-masing dulu (bagi wanita, yang merasa laki-laki tapi jiwanya kewanitaan gak papa) mari memulai untuk tidak ditindas tapi tidak juga menjadi penindas, mari menjadi perempuan yang mandiri tidak jua jauh dari permintaan tolong. Bagi kaum laki-laki mari menghargai perempuan, kita tahu mereka tulang rusuk yang bengkok, maka dari itu mari saling bekerja sama untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah :D

Karena siapa lagi kalau bukan kita, dan kapan lagi kalau bukan sekarang? hidup perempuan :). (afi)

Selasa, 17 Maret 2015

Ini Logonya
Halo pengunjung, tahu tidak kalau ada psychovent? kalau tahu silahkan tidak tahu dulu sebelum tahu apa itu psychovent yang sesungguhnya dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang berlaku. Oke, psychovent itu adalah sesuatu event yang diselenggarakan oleh anak psikologi yang berdomisili di UNLAM (baca: unlam). Psychovent juga mendapatkan penambahan angka 2015 (Psychovent 2015) yang menandakan bahwa kegiatan ini lahir pada tahun 2015 setahuku april sih, tapi ada yang bilang kalau itu bulan empat. Coba cek sendiri blognya di psychologyevent-unlam.blogspot.com.


Kemudian, ada enam kategori lomba yang psychovent persiapkan demi masa depan bangsa Indonesia lebih maju dan menjadi negara yang mandiri. Keenam perlombaan yang dimaksud tertera di bawah kemudian bacalah dengan seksama dan benar. 
ini:

2. Psychograph (Foto) : Express Your Lens. CP : 08991333554 (Kiki) 25K | Psychograph

5. Psychovie (Film Pendek) : You Can't Lie to Me. CP : 089692404473 (Deni) 30K | Psychovie

1. Psychosay (Essai) : Psikologi dan Kriminalitas CP : 087816523313 (Azizah) 35K | Psychoesay

3. Psychoblog (Blog) : PSYCHOVENT 2015 CP : 087816216256 (Rio) FREE!! | Psychoblog

4. Psychosign (Desain Poster) : Cybercrime CP : 085387418577 (Desi) 30K | Psychosign

6. Psycobate (Debat Nasional Psychovent 2015) : Psychology and Criminality CP : 089691803009 (Roosyida) 350K | Psychobate

Tunggu apa lagi teman-kawan, caranya mudah banget ji kok. Tinggal daftar kemudian bakar semangat kreatifitasmu di depan publik, agar mereka tahu kalau mahasiswa makassar juga pandai perang kreatifitas. 


Hidup Mahasiswa Makassar!!!


Penulis: Azmul Fuady Idham

Sabtu, 31 Januari 2015

Puji Syukur kita panjatkan kepada Sang Pencipta, yang telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna yang diamanahkan sebagai khalifah di muka bumi ini, kesempurnaan ini tak akan sempurna (ngomomng apasih) ketika tak dibarengi dengan bersih bathin dan bersih lahiriah atau bersih rohani dan jasmani. Berhubung artikel ini membahas tips cuci tangan, yah kita bahas tangan saja.

Tangan, merupakan anggota rubuh dari manusia yang paling sibuk (huhh sok sibuk), bagaimana tidak, ngetik artikel ini saja pakai tangan, membuka artikel ini pakai tangan, bayar uang kopi di warkop pakai tangan (kondisi saat ini), penjaga gawang pakai tangan tuk nangkap bola. Betapa sibuknya tangan sehingga kita harus memberi perhatian lebih terhadap tangan, sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang pencipta #EdisiAlim.

Adapun tips untuk mencuci tangan ala psychofren yaitu:
1. Kotori tangan. Ketika tangan bersih, tak ada alasan untuk membersihkannya. Jadi, kottori tangan

2. Cari Air. Ketika tangan sudah kotor, maka cari air untuk membersihkannya
3. Tambah Sabun. Kalau mau harum tangannya kasih juga sabun.
4. Tangan sudah bersih. dan tunggu tangan kotor lagi.

sudah gitu aja, semoga tidak bermanfaat. (afi)

Yahhh, kurang lebih sebulan lagi kita menuju psychofren day, hari di mana kami dikukuhkan sebagai mahasiswa oleh kakak-kakak BEM. Mari sejenak kita membahas logo dan tema dari PsychoFren Day kali ini mulai dari tahun pertama sampai tahun ini.

1. 2 maret 2013 | 1 Tahun Bersama PsychoFren. Makna dari tema 1 tahun bersama menunjukkan bahwa dalam usia setahun kami masih tetap bersama, masih tetap kompak, dan masih sering kerja tugas dan belajar bersama. Sedangkan logo dari psychofren day diberikan sentuhan emas dan hitam sehingga terkesan elegan. itu ajah heheh



2. 2 Maret 2014 | 2 Tahun Berkarya. Maksud dari dua tahun berkarya bahwa dalam dua tahun kami telah melewati banyak tantangan dan sudah beberapa prestasi yang telah kami peroleh, mulai dari juara umum harla dan beberapa penduduk psychofren banyak yang go nasional dan menorehkan prestasi. Sedangkan logonya dibuat seperti lipatan kertas, jadi lipatan kertas ini diibaratkan sebagai karya kerajinan tangan yang asli buatan sendiri :) haha sotta'nya





3. 2 Maret 2015 | 3 Tahun Berjuang. Nah, setelah banyak bersama dan banyak menciptakan karya, tiba saatnya kita berjuang. TIba saatnya anak-anak 2011 harus berjuang agar bisa menyelesaikan skripsinya. Terutama yang masih berjuang untuk ambil mk skripsi. Logonya diberikan sentuhan warna-warni dengan bentuk menyerupai gadget, warna-warni itu menunjukkan sosial media yang sering kami gunakan ketika ingin berkomunikasi saat ini karena sudah jarang kami bertatap muka, karena masing-masing sudah sibuk dengan dunia nyatanya, jadi hanya gadget lah yang bisa membuat kita masih tetap berkomunikasi. 






















Selasa, 23 Desember 2014

Tahun 2015 tahun serba masa... iyah, tahun depan kita mau ngapain bro-bro sister-sister? masih mau main getrich dengan kartu kesempatan dan kartu angel? masih mau main coc dengan aneka upgrade dan war di mana-mana? nampaknya iyah masih :)....

Tapi, akankah kita terus bersama kedua aplikasi itu, dan melupakan masa depan yang menanti. Melupakan sejuta kartu kesempatan yang real dan perang sesungguhnya hehe. Kalau melihat usia kita di kampus sudah hampir 4 tahun, sepatutnya 2015 kita sudah menyandang gelar sarjana psikologi disingkat S.Psi. Meski masih ada waktu 3 tahun untuk menyelsaikannya jadi 7 tahun, setidaknya 3 tahun kita pakai untuk mencari rezeki buat keluarga, bangsa dan agama --".

Intinya, di tahun 2015 psychofren musti banyak-banyak berkarya lah, terutama anak LK yang memang harus kreatif mengembangkan lembaga kemahasiswaan. Juga yang lain di luar lembaga supaya bisa lebih kreatif dan berkarya banyak :) (afi)
background